Selasa, 07 April 2009

Menelusuri Jejak-Jejak Kerajaan Inderapura di Muaro Sakai.

Puing-Puing bekas Istana Kerajaan Inderapura

Kerajaan Inderapura terletak di Muaro Sakai kenagarian Inderapura kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan.

Kerajaan inderapura ini pernah mengalami kejayaan pada abad ke XVII-XVIII.

Samuderapura yang menjadi Bandar kerajaan Inderapura sangat ramai dikunjungi oleh kapal-kapal dagang eropa,asia dan timur tengah.

Kerajaan ini menjadi rebutan dari berbagai pihak dikarenakan posisinya sebagai kota pantai yang menjadi pusat perdagangan dengan komoditi utama emas dan lada (merica).

Hal ini dapat bertahan agak lama karena Kerajaan Inderapura juga memiliki armada laut yang kuat.

Dalam beberapa cerita di masyarakat ada yang mengatakan kalau kerajaan Inderapura berada dibawah kekuasaan pagaruyung,tetapi sampai saat ini tidak satupun bukti yang dapat membuktikan Kerajaan Inderapura ini tunduk kepada Kerajaan Pagaruyung.

Hal ini dapat dilihat dari cara Kerajaan Inderapura mengurus kerajaannya baik keluar maupun kedalam.

Tidak tersebut nama pagaruyung ketika Kesultan Aceh menanamkan pengaruhnya di Inderapura.Juga tentang batas kerajaan Inderapura yang hamper sama dengan batas-kerajaan pagaruyung. Ke utara sampai ke natal airbangis,ke selatan sampai teratak air hitam,ketimur sampai ke Durian ditakuk raja dan sebelah barata adalah samudera Indonesia.

Hal ini memang menjadi pertanyaan yang masih misterius untuk diungkapkan apakah ada hubungan antara Kerajaan Inderapura ini denagn kerajaan Pagaruyung.

Walau sekarang Kerajaan Inderapura sudah tidak ada lagi tetapi bekas-bekas kerajaan itu masih dapat kita jumpai di Muaro sakai Inderapura,kecamatan Pancung Soal Kabupaten pesisir Selatan Diantaranya :

Meriam besar yang terdapat di sekitar reruntuhan istana


Benda-benda pusaka milik kerajaan Inderapura


Makam raja Inderapura


Rumah Ahli waris kerajaan inderapura di Muaro Sakai Inderapura

Untuk mencapai lokasi bekas kerajaan Inderapura ini melalui jalan darat adalah dari Padang menuju Painan kabupaten Pesisir Selatan terus ke Inderapura kecamatan pancung Soal,setiba di Inderapura belok ke kanan ke arah Muaro sakai.sesampai di Pasar Minggu Muaro sakai wisatawan cari rumah yang ada meriamnya.Disini tanya nama Siti Agustina atau lebih dikenal dengan nama Uniang Gustina atau Bapak St.Zainal Arifin Abas kedua nama tersebut adalah ahli waris dari kerajaan Inderapura atau Bapak Mardiyon (oyon las) bapak ini merupakan sumando dirumah tersebut.
Wisatawan akan memperoleh penjelasan tentang kerajaan Inderapura dari orang-orang tersebut.
Selamat menelusuri Jejak-jejak kerajaan Inderapura yang pernah jaya dahulunya di bumi ranah minang ini.(Basriandi Abbas)

18 komentar:

  1. saya sangat tertarik dengan artikel ini,, ingin menanyakan, apa saja benda-benda pusaka yang masi ada sebagai peninggalan kerajaan ini

    BalasHapus
  2. wah saya kagum dengan bapak, saya sendiri orang inderapura muara sakai tentang seluk beluk kerajaan inderapura belum begitu mengerti dan tolong kaji lagi lebih dalam tentang inderapura beserta makanan khas dan sumber alamnya dari ananda Hafid Rudito. Amd

    BalasHapus
  3. L.S.;

    Really like to know more about the dynastychief of Indrapura.I have good documentation from Belanda arsip about the raja dynasty.

    Salam hormat:
    DP Tick gRMK
    secr. Pusat Dokumentasi Kerajaan2 di Indonesia "Pusaka"
    Vlaardingen/Holland
    pusaka.tick@tiscali.nl
    http://kerajaan-indonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  4. salam renah indojati... sukses buat yang update sejarah ini...

    BalasHapus
  5. PENOBATAN SULTAN INDERAPURA KE 35.
    1 Desember 2012, bertempat di Hotel Grand Ina Muara Padang. Tidak kurang dari 20 raja dan sultan se-Nusantara menghadiri penobatan Youdi Prayogo,SE, ME bergelar Sultan Indera Rahimsyah Daulat Sultan Muhammad Syah sebagai Sultan ke-35.
    silahkan baca :

    http://padangmedia.com/1-Berita/77849-Seabad-Lebih-Tenggelam-Kesultanan-Inderapura-Kembali-Bangkit.html

    BalasHapus
  6. Makasih ya blog ini sangat membantu saya ...............



    agen tiket murah

    BalasHapus
  7. Makasih sob udah share , blog ini sangat membantu sekali .............




    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  8. Mantap,lanjutkan informasinya sampai se detail mungkin ya
    Hidup kerajaan inderapura

    BalasHapus
  9. Mantap,lanjutkan informasinya sampai se detail mungkin ya
    Hidup kerajaan inderapura

    BalasHapus
  10. awalnya saya ragu untuk megikuti pesugihan aki sunan atau bisa dibilang uang goib tapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba dan setelah saya menghubungi aki sunan saya minta bantuan uang goib 900,jt sama beliau .dan saya IBU NIA benar-benar sudah membuktikan demi allah bahwa aki sunan bisa merubah kehidupan saya dalam sekejap awalnya saya sangat miskin makanpun susah ,alhamdulillah dengan bantuan beliau saya bisa merubah kehidupan saya jauh lebih baik daripada sebelumnya beliau membantu saya uang goib sebesar 900 juta .saya sangat berterimah kasih kepada aki sunan atas bantuan beliau ,dan saya ibu nia menyapaikan kepada saudarah-saudarah yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi 085_242_421_477 aki sunan saya sudah membuktikannya sendiri

    BalasHapus
  11. pada zaman voc mengusai kerjaan pgruyung dlm kruntuhan, penobatan raja sblmnya jdi buronan oleh blnda skli gus dngan bundo knduang.. dan waktu itu raja dan bundo knduang mlrikan diri ke daerah pesisir pntai... dan dsna ddrikan krjaan idrapura yg di pimpin dang tuangku.. dan bundo kanduang krna menyamarkan diri dri kejran blnda lalu iya mrubah nma jdi mande rubiah..
    cma itu info yg sya dapat

    BalasHapus
  12. Kalau cindua mato ada hubungan ga ama kerjaan indera pura. Salam kepo dari saya suku melayu radjo gerang

    BalasHapus
  13. nenekku berasal dari kerurunan ini

    BalasHapus